Bahan Ajar Fisika. com

Fisika seharusnya bisa menjadi ilmu yang sangat penting untuk dipelajari. Banyak aplikasi kehidupan sehari-hari yang bisa diterapkan dari Fisika. Namun, rendahnya minat siswa terhadap pelajaran ini, membuat Fisika jarang diminati. Kesulitan memahami Fisika diperparah dengan keadaan pengajar guru Fisika yang kurang berkompeten.

Pelajaran Fisika bisa dibilang paling killer dan sulit diantara pelajaran2 Eksakta lainnya. Dari hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik SPMB-Lover terhadap 34 jumlah responden member SPMB-Lover yang mengikuti polling terhitung tanggal Januari 2007 sampai 6 Maret 2007, hampir 70,59% responden menyatakan mata pelajaran Fisika merupakan mata pelajaran yang paling sulit untuk dipahami. Alasan mengapa fisika menjadi mata pelajaran yang sulit pun beragam, salah satunya adalah Fisika adalah pelajaran yang mengunakan banyak sekali rumus turunannya, sehingga materi ini sulit dipahami oleh sebagian besar Siswa SMA yang akan menghadapi UN ataupun SPMB.

Lalu apa yang keliru selama ini ?

Cara belajar fisika yang keliru!

Fisika bukan pelajaran yang abstrak dan jauh dari kehidupan sehari-hari. Fisika ada di sekitar anda dan saya! Coba anda tatap pohon atau bunga yang ada di sekitar rumah anda… mengapa daun berwarna hijau ? ketika anda mencari tahu mengapa daun berwarna hijau maka anda sudah sedang belajar fisika! mengapa setelah anda duduk di atas bangku kayu, permukaan bangku menjadi hangat ? mengapa kabel listrik atau telepon biasanya melengkung ke bawah, mengapa tidak melengkung ke atas ? mengapa pagi atau sore hari terasa sejuk sedangkan siang hari terasa panas ? Mengapa anda sulit menggerakkan sepeda yang pada mulanya masih diam dibandingkan ketika sudah mulai jalan ? mengapa gerak mobil menjadi lambat ketika sedang mendaki jalan yang menanjak ? mengapa landasan pacu pesawat yang berukuran besar lebih panjang daripada landasan pacu pesawat yang ukurannya kecil ? mengapa tanggul situ ginting kemarin bisa jebol setelah ada tambahan air hujan ? Apakah anda kebingungan menjawab pertanyaan ini ? Jika jawaban anda adalah “ya”, maka ada satu sisi lain dari fisika yang belum anda pahami!

Fisika bukan pelajaran yang hanya penuh dengan rumus-rumus untuk dihafal!

Belajar fisika bukan dengan cara menghafal rumus-rumus tapi tidak pernah mengerti apa maksud dari rumus itu. Rumus fisika punya makna, ada cerita di balik rumus itu. Bukan sekedar rumus tanpa makna yang harus dihafal untuk menyelesaikan soal hitungan… Lalu apa cerita dibalik rumus itu ?

KONSEP!

Konsep, gagasan, ide… Ilmu fisika dibangun dari ide-ide mendasar alias gagasan-gagasan alias konsep-konsep… mari kita bahas salah satu konsep paling dasar.

Anda pernah belajar tentang Gerak Lurus Beraturan alias GLB ? Apa yang anda ketahui tentang GLB ? ketika disebutkan kata GLB, mungkin anda langsung ingat rumus v = s/t. Ketika diberikan soal GLB, anda langsung mencocokan besaran yang diketahui, lalu memasukan ke dalam rumus untuk diperoleh penyelesaiannya… Ada juga yang menggunakan metode segitiga s v t segala. Btw, apa sebenarnya GLB dan mengapa anda belajar GLB ? Apakah belajar GLB hanya untuk menyelesaikan soal yang membutuhkan rumus v = s/t ?

Tujuan lain anda belajar GLB adalah anda paham konsep kecepatan konstan! walaupun anda sudah mahir menyelesaikan soal hitungan menggunakan rumus v = s/t tetapi jika anda belum memahami konsep kecepatan konstan maka anda belum belajar GLB! Ok, seandainya anda sudah pernah belajar GLB… apakah anda setuju atau tidak dengan pernyataan saya berikut : suatu benda dikatakan bergerak dengan kecepatan konstan jika benda tersebut bergerak lurus dengan laju konstan. Benar atau salah pernyataan ini ? Penyataan ini salah! anda setuju kalau pernyataan ini salah ? berarti anda belum paham konsep kecepatan konstan. He2… pernyataan di atas benar. Gerak lurus beraturan = gerak dengan kecepatan konstan = gerak lurus dengan laju konstan…

Anda bingung ? Kalau anda bingung, baca terus!

Konsep fisika itu saling kait mengait. Konsep fisika itu saling berhubungan!

Konsep dasar perlu anda kuasai dengan baik dan benar sebelum menyelam lebih dalam, jika tidak anda akan kebingunan nantinya… salah satu faktor penting yang membuat fisika terasa sulit adalah anda belum paham konsep dasar dengan baik dan benar sehingga anda tidak nyambung dengan pelajaran selanjutnya! Misalnya kalau anda belum paham konsep kecepatan konstan dan konsep percepatan maka anda tidak bisa paham hukum newton dengan baik dan benar. Jika anda belum paham hukum newton dengan baik dan benar maka anda tidak akan paham gaya sentrifugal.

Saya tidak bisa menjelaskan kepada anda apa itu gaya sentrifugal jika anda belum paham kerangka acuan inersia dan kerangka acuan noninersia (tidak perlu bingung, istilahnya tinggi tapi sebenarnya sederhana saja). Saya tidak bisa menjelaskan kepada anda apa itu kerangka acuan inersia dan kerangka acuan non inersia kalau anda belum paham hukum Newton dengan baik dan benar… Anda tidak bisa paham hukum newton dengan baik dan benar jika anda belum paham konsep kecepatan konstan dan konsep percepatan! Jadi konsep fisika itu saling kait mengait atau saling berhubungan! Contoh yang saya jelaskan ini hanya salah satu saja… Masih sangat banyak contoh lain…

Apakah konsep itu penting ?

Anda bertanya lagi apakah konsep itu penting ? Konsep itu tidak penting tetapi sangat penting! Karena sangat penting maka anda harus memahami konsep dengan baik dan benar! Banyak sekali manfaat yang anda peroleh setelah memahami konsep. Berikut ini beberapa manfaat yang anda peroleh :

1. Jika anda sudah memahami konsep, anda akan menemukan ternyata fisika jauh lebih mudah jika anda menguasai konsep terlebih dahulu, daripada anda hanya menghafal rumus tanpa mengerti konsep.

2. Jika anda sudah memahami konsep maka banyak soal hitungan yang menurut anda sulit, bisa diobok-obok dengan mudah dan menyenangkan!… serius, saya tidak menipu anda!

3. Jika anda sudah memahami konsep maka pertanyaan yang banyak sebelumnya bisa anda jawab dengan mudah… misalnya mengapa tanggul situ ginting kemarin bisa jebol setelah ada tambahan air hujan ? pertanyaan ini tidak bisa diselesaikan menggunakan rumus 🙂

4. Jika anda sudah memahami konsep maka anda punya pengetahuan dasar yang sangat bagus ketika anda melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi… Dasar yang kokoh menentukan kelanjutannya! Kalau dasarnya rapuh maka selanjutnya juga pasti rapuh! Anda ingin masa depan yang cerah khan ?

5. Konsep itu tidak bisa dihafal! Konsep hanya bisa dipahami… untuk memahami konsep anda perlu berpikir. Jika anda sudah terbiasa berpikir maka banyak soal yang sebelumnya terasa sulit menjadi begitu mudah! Berbeda dengan menghafal… Kalau anda belajar dengan menghafal, anda tidak berlatih untuk berpikir… Karena anda tidak terbiasa berpikir maka banyak soal yang mudah terasa sangat sulit.(fisikadasar.com)

  1. 8 Oktober 2010 pukul 9:23 pm

    apa ya hubungan fisika dengan ilmu sains lainnya?

    • 19 Oktober 2010 pukul 7:59 am

      sama sama sumbernya satu….DIA

  2. regii
    1 September 2011 pukul 7:35 pm

    . bagaimna ya cara yang pling mudah untuk memplajari rumus fisika ????

  3. 6 September 2011 pukul 11:41 pm

    memang betul apa yang anda katakan ,dulu sewaktu saya duduk di bangku smp ,saya seringkali pusing dengan rumus2,tetapi saya berpendirian teguh ingin belajar fisika,karena saya kagum dengan konsep2 fisika,walaupun nilai fisika saya ngak bagus,saya tetap senang dengan fisika(ada pepatah ” belajar itu wajib pandai/pintar itu karunia allah s.w.t),alhamdulillah dengan senangnya sa ya dengan fisika ,alam pekerjaan saya sekarang saya udah punya bekal, bagus sekali blognya Alusia may,,,,,,,

  4. Anonim
    16 Desember 2011 pukul 8:07 am

    Sy waktu sekolah dulu ga ngerti fisika…hanya sekdar hapal rumus dapat nilai bagus gitu aja…apa, kenapa,buat apafisika itu…entahlah mungkin kala itu krn gurunyasdh tua dan tidak menyenangkan atw krn internet belum ada shg info sgt minim…btw aku tdk mau hal itu terjadi sama anak anaku skr…terimakasih yg tak terhingga…Allah SWT maha mengetahui dan maha pencipta…tenyata fisika sudah tertulis di al qur an…

  5. 16 Februari 2013 pukul 10:05 pm

    Today, I went to the beach front with my kids.
    I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and
    said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She put the shell to her ear
    and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear.

    She never wants to go back! LoL I know this is totally off topic but I had to tell someone!

  6. 26 April 2013 pukul 10:02 am

    Hello there! Would you mind if I share your blog with my myspace group?
    There’s a lot of people that I think would really appreciate your content. Please let me know. Cheers

  7. 16 Mei 2013 pukul 11:55 pm

    Ahaa, its nice conversation concerning this article here at this website, I have
    read all that, so now me also commenting at this place.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: